Singkong Pangan Alternatif untuk Penderita Diabetes

Makanan singkong tidak asing didengar bagi semua orang karena kalau kita lapar di tengah pekerjaan, tentu cemilannya singkong. 

Seorang ibu membuat pancake dari olahan singkong dengan ovomaltine.

Singkong adalah salah satu jenis umbi-umbian yang biasanya dijadikan makanan pokok termasuk Afrika dan sebagian besar wilayah Indonesia termasuk Kampung Adat Cireunde, Kota Cimahi, Jawa Barat. Bahkan, Singkong juga menjadi makanan pengganti nasi ketika terjadi krisis pangan atau force majeure. Singkong bisa diolah dalam cita rasa apa saja mulai dari digoreng, dipanggang, dibakar, direbus, dijadikan keripik singkong yang renyah, dijadikan tape/peuyeum, dijadikan aneka kue (kue cenil, pancake), dan dijadikan makanan pokok (fufu, tiwul). Sebelum membahas rekomendasi makanan bagi penderita diabetes, maka terlebih dahulu mengetahui apa saja kandungan di dalam singkong?

Baca juga: https://therealdailyupdates.blogspot.com/2016/11/field-trip-to-kampung-adat-cireundeu.html

Kandungan Singkong 

Dilansir dari liputan6.com, apabila mengonsumsi 100 gram singkong, maka kandungan di dalam singkong yang direbus atau dikukus adalah sebagai berikut:

  • 40 gram karbohidrat.
  • 1,8 gram serat. 
  • 1,4 gram protein. 
  • 0,3 gram lemak. 
  • 16 mg kalsium.
  • 38 mg fosfor.
  • 0,3 mg besi.
  • 271 mg kalium.
  • 27,7 mg vitamin C.
  • 0,2 mg vitamin B6.
  • 27 mcg folat.
  • 0,1 mg beta karoten.

Bahkan, singkong juga mengandung mineral penting, yaitu: tembaga, seng, magnesium, mangan, dan asam lemak tak jenuh tunggal (asam oleat dan asam palmitoleat). Walaupun singkong ada kandungan sianida, ternyata singkong menjadi rekomendasi makanan pokok bagi penderita diabetes, mengapa demikian? 

Alasan Singkong Ramah bagi Penderita Diabetes 

Adapun, beberapa alasan singkong menjadi makanan yang direkomendasikan bagi penderita diabetes, antara lain: 

1. Kadar Gula Rendah 

Untuk mengetahui kadar gula di dalam singkong, maka harus diketahui terlebih dahulu indeks glikemik singkong. Menurut kompas.com, Indeks glikemik adalah sistem pengurutan makanan sumber karbohidrat berdasarkan seberapa lambat atau cepat makanan tersebut dicerna dan meningkatkan kadar gula darah. Kemudian, skala indeks glikemik dibagi sebagai berikut: 

  • Indeks glikemik rendah: 0 - 55. 
  • Indeks glikemik sedang: 56 - 69
  • Indeks glikemik tinggi: 70 -100

Singkong memiliki kadar gula yang lebih rendah daripada nasi karena berdasarkan penelitian dari Desty Ervira melalui buku Miracle Juices: Penumpas Diabetes dan Hipertensi (2015) bahwa indeks glikemik singkong rebus adalah 46. Sedangkan, indeks glikemik nasi putih dilansir dari halodoc.com adalah 75. Dari penjabaran indeks glikemik tersebut, maka kadar gula singkong jauh lebih rendah daripada nasi putih sehingga singkong sangat direkomendasikan sebagai makanan pokok untuk penderita diabetes. 

2. Mengandung Flavonoid 

Selain kadar gula singkong rendah, singkong juga mengandung flavonoid sebagai zat anti oksidan. Menurut Penelitian dari Rizky Bayu Ajie melalui Jurnal dengan judul White Dragon Fruit (Hylocereus undatus) Potential As Diabetes Mellitus Treatment, Flavonoid dapat menurunkan kadar gula darah karena flavonoid mampu menghambat GLUT 2 mukosa usus sehingga dapat menurunkan absorbsi glukosa.  

Berdasarkan analisis diatas, maka dapat disimpulkan bahwa singkong dapat dijadikan sebagai makanan pengganti nasi untuk diabetes. Walaupun singkong mengandung kadar gula yang rendah, tetapi disarankan kepada penderita diabetes untuk tetap membatasi konsumsi singkong yaitu 300 - 500 gram/3 - 5 porsi per hari. Ayo stabilkan gula darah kita dengan makan singkong!




Sumber: 

Kompas.com, 20 Januari 2023, Angka Indeks Glikemik yang Bisa Jadi Pengganti Nasi Putih, https://health.kompas.com/read/23A20090000168/angka-indeks-glikemik-singkong-yang-bisa-jadi-pengganti-nasi-putih?page=all. 

Liputan6.com, 27 Februari 2023, 17 Manfaat Singkong Bagi Kesehatan, Ketahui Kandungan Gizinya, 21 November 2023, https://www.liputan6.com/hot/read/5218642/17-manfaat-singkong-bagi-kesehatan-ketahui-kandungan-gizinya?page=4. 

Halodoc.com, 3 Juli 2023, Benarkah Kalori Nasi Merah Lebih Rendah Daripada Nasi Putih?, https://www.halodoc.com/artikel/benarkah-kalori-nasi-merah-lebih-rendah-daripada-nasi-putih.

Hellosehat.com, 9 Februari 2021, Singkong sebagai Pengganti Nasi untuk Penderita Diabetes, Apakah boleh?, 21 November 2023, https://hellosehat.com/diabetes/singkong-untuk-penderita-diabetes/. 

Ajie, Rizky Bayu. 2015. White Dragon Fruit (Hylocereus undatus) Potential As Diabetes Mellitus Treatment. J Majority, 4(1), (71-72). 

Comments